empat prinsip dasar kopi nikmat

Bosan dengan rasa kopi yang itu-itu juga? Pernah nyoba untuk brewing kopi sendiri? Starbuck bilang, ada empat prinsip dasar yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kopi yang nikmat, yaitu: proporsi, tingkat gilingan, air, dan tingkat kesegaran. *cuekin gambarnya, please.. hahahaha.. illy for sure has the best coffee kok..*

Proporsi air dan kopi yang baik menentukan tingkat kenikmatan sebuah minuman kopi. Starbucks menggunakan 2 sendok makan bubuk kopi untuk 180 mm air. Saya? More or less juga dalam ukuran yang sama. Jika ternyata masih terlalu kental juga, kita bisa menambahkan sedikit air panas pada kopi yang sudah di-brewed.

Cara menyeduh (brewing) menentukan kebutuhan tingkat dan kualitas gilingan kopi. Semakin sedikit waktu menyeduhnya, contohnya dengan menggunakan espreso machine, maka dibutuhkan kopi dengan tingkat gilingan yang baik (semakin halus). Berbeda halnya jika kita menggunakan coffee press, dimana waktu penyeduhan bisa mencapai 4 menit, maka gilingan kopi yang kasar sudah cukup.

Gunakan air yang segar, dingin, bersih dan murni jika kita akan menyeduhnya. Suhu yang dibutuhkan untuk mendidihkan air secara sempurna dan mendapatkan aroma serta rasa kopi yang baik adalah 195° -205° F atau 90° -96° C. Karena itu, pastikan alat penyeduh air anda ataupun mesin kopi anda dalam kondisi yang baik.

Bubuk kopi yang segar juga menentukan. Musuh kopi yang baik adalah oksigen, cahaya, suhu yang terlalu panas dan udara yang terlalu lembab. Masukan kopi ke dalam tempat yang rapat, bebas dari udara, dan letakan pada suhu kamar. Cara terbaik memang menggiling kopi sebelum diseduh, tapi tidak semua orang punya waktu untuk itu bukan? Namun untuk beberapa penikmat kopi ritual itu bisa jadi sangat menyenangkan, terutama pada saat mencium aroma yang keluar ketika biji kopi itu digiling. Hmmmm.. harum.

Source: Starbukcs

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *