(susahnya mencari) makanan khas belanda

mencari makanan di belanda, dalam hal ini makanan khas belanda memang gampang-gampang sulit. mungkin ilustrasi ini bisa menggambarkan kondisinya. suatu malam, salah seorang suami kawan saya yang juga menjadi kawan saya di sini *nah loh.. * suatu ketika ditanya oleh sebuah rombongan sirkus turis.

+ sir, do you know where can we find a dutch resturant here?
– hmm.. what do you mean?
+ ya… a restaurant with some dutch cuisines?
– ooo.. well.. there’s no such thing.

+ ???

weits, jangan ketawa dulu. tapi itu memang salah satu fakta yang ada di sini. sulit (untuk mengatakan tidak ada) mencari rumah makan yang menjual makanan khas belanda. sebagian besar rumah makan di belanda, dikuasai oleh makanan cina, fast food amerika, turki, maroko, indonesia, suriname, italia dan india, serta beberapa dari ethopia *yup..i tried once.. dan enaaak* dan negara afrika lainnya *jual daging burung unta dan binatang tak lazim lainnya.. wooow*. kalaupun ada, itu bukanlah restauran besar dan lebih sebagai snack bar.

tapi sebenarnya, apa sih makanan yang katanya khas belanda itu? well, mungkin tidak semua merupakan makanan berat, seperti halnya masakan di rumah makan yang tadi di sebutkan di atas. namun tetap karena banyak ditemukan di sini maka saya menjadikannya sebagai makanan khas belanda. ayo kita listing satu persatu:

1. stamppot: ini lah nama yang akan tersebut pertama kali setiap kita tanya, apa makanan khas belanda? terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan (mashed potatoes) dan dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel atau sayuran hijau lainnya seperti boerenkool. dihidangkan panas-panas bersama dengan sosis besar yang bernama rookworst. hmm..enak. tapi ini memang makanan musiman dan mereka biasanya membuatnya pada saat musim dingin tiba.

image source: http://www.maaltijdservicezuid.nl

2. olliebollen: ini juga makanan musiman lain dari belanda, biasanya hanya ada di musim gugur dan musim dingin. juga menjadi makanan yang umum dicari pada saat malam pergantian tahun. yah.. namanya juga tradisi. ketika pertama kali melihatnya saya langsung berpikir makanan di bogor yaitu odading. hahahaha. inilah roti goreng khas belanda yang beberapa ditambah kismis. rasanya cukup enak dan bikin perut kenyang hanya dengan memakan 4 olliebollen besar *ya iya laaaaah…*

image source: http://www.wikipedia.com

3. pancake dan poffertjes: poffertjest adalah bentuk kecil dari pancake yang dibuat bulat-bulat kecil. biasanya dihiasi dengan taburan gula halus, selai atau cokelat.

image source: http://www.decreperie.nl

4. patat: alias kentang goreng *sumpah.. banyak banget!!*. tidak jelas aslinya dari mana, namun belgia berani mengklaim bahwa patat berasal dari sana. ditambah, patat yang tahun lalu menjadi nomor satu di belanda memang berasal dari belgia. kentang goreng ini memiliki bungkus berbentuk kerucut (juga beberapa dalam bentuk box) dan menjadi makanan jalanan seperti halnya gorengan di indonesia. jangan lupa untuk menambahkan saus di atasnya, baik mayonaise, selai kacang, kari, saus tomat ataupun bumbu tambahan lainnya. untuk menu spesial, mereka menambahkan potongan bawang bombay di atasnya. jadi, jangan bilang pernah ke belanda kalau tidak merasakan patat plus mayo.

image source: http://www.amsterdamlogue.com

5. fast food snacks: terdiri dari berbagai macam tipe, mulai dari frikandel (sosis belanda), kroket (isinya daging), bitterballen (bola-bola daging), atau bami dan nasi blok *ya.. mereka pake bahasa kita*. biasanya dijual di sebuah kios khusus atau malah hanya berupa kotak mesin dengan sekat-sekat terpisah berisikan makanan tersebut. kita hanya perlu memasukan uang logam dan membuka sekat-sekat itu. favorite saya? kroket dan bami blok! hmm.. enak. walaupun jujur kadang suka gak yakin juga dengan isinya. beberapa teman belanda bilang itu adalah semua bagian ternak (bisa sapi atau babi) yang memang tidak layak jual dan mereka meblendernya menjadi snack-snack itu. hmm…

image source: http://www.optica8.com

6 . ikan herring (haring): ikan mentah yang dimakan bersama dengan potongan bawang bombay. saya hanya berani memakan dua potong selama hidup saya di sini. karena rasa amis yang bisa membuat saya muntah. tapi untuk sebagian besar orang belanda, mereka bisa memakan satu ikan haring penuh hanya dengan satu tarikan di dalam mulutnya. hmmm, yaicks. selain itu ada beberapa jenis ikan yang sudah digoreng dan siap makan seperti ikan kibeling atau jenis-jenis lainnya.

image http://asoboo.com

7. stroopwafel: adalah wafel yang dibuat dari adonan tepung, mentega dan susu yang dipanggang dengan disisipi karamel di tengah-tengahnya. rasanya? renyah tapi legit dan maniiiis sekali. contoh makan manis lainnya ada dalam bentuk appeltaart (apple pie) dan spekkoek.

image source: http://upload.wikimedia.org

selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang berbentuk roti/sandwich yang dicampur dengan berbagai macam jenis keju. ya.. siapa yang tidak mengakui kehebatan keju belanda? keju yang juga dimakan sebagai teman minum kopi atau anggur ini, memang menjadi pelengkap bagi sebagian makanan belanda.

hmm.. lalu apa lagi ya?

tapi memang harus diakui, untuk urusan makanan, belanda memang bukan yang terbaik. entah apa jadinya jika para imigran itu tidak membuka rumah makan di belanda ini. betapa akan sangat membosankan ritual makan di belanda ini. tapi, setidaknya sekarang anda tahu kan apa yang harus dicari (dimakan) jika mengunjungi belanda?

  18 comments for “(susahnya mencari) makanan khas belanda

  1. April 13, 2008 at 11:03 pm

    eh iya..di braga permai yang katanya menyajikan makanan belanda juga kebanyakan tuh paling bitterbalen, kroket dan snack2 lainnya. kalo makanan berat nya koq gak terkenal ya ?

  2. anonim
    April 14, 2008 at 3:47 am

    pengen muntah pas bagian ikan herring, sumpah !!!

  3. April 14, 2008 at 10:09 am

    point no 7. stroopwafel yang sering aku makan disini :D

    ditaruh diatas cup yang berisi black coffee panas…mmmm lembek2 keras gimana gitu hehehe

  4. Ira
    April 14, 2008 at 10:20 am

    Ada semacam sup terbuat dari kacang merah, tapi kental sekali hampir seperti bubur, namanya lupa. Katanya siy makanan khas Belanda, pernah coba di restoran HEMA di Tebet Square.

  5. April 14, 2008 at 12:01 pm

    @imgar: gak terkenal..soalnya emang gak ada.. hahaha
    @anonim: haha… lo kudu nyoba. biar muntahnya afdol!
    @bowo: oiya.. di bintang dollar ah? harganya gak rasional.. heheheh..
    @ira:kalo gak salah namanya pea soup.. dari kacang merah… emang. rasanya.. hmm.. ya gitu deh. hehehe.

  6. qq
    April 16, 2008 at 5:17 am

    Whoaaa …. jadi kangen makanan itu. Semuanya udh dicicipin, kecuali hering mentah. Karena ga tega makan yang mentah jadi heringnya digoreng, rasanya seperti ikan sarden :).

    Di Tebet square ada resto yang mengclaim sebagai dutch restaurant….jadi ga usah jauh2 nyari makanan bld donk ;)

  7. -G-
    April 17, 2008 at 3:25 am

    Q, lupa tambahin si Tompouche (yg dr Bijenkorf, dijamin bikin ketagihan) dan erwtensoup (soup kacang polong kental, paling gampang nyobain di HEMA, tp musiman jg sih). Satu lagi… kue khas dari Den Bosch, tp G lupa namanya yg kaya kue sus gede lapis coklat lalu pake krim banyak banget, pernah nyoba tp lalu kapok! hm…lalu amandel koekjes, amandel staaf… rindunya….. T_T

  8. June 12, 2008 at 1:48 pm

    ih..ih.. ada poto feb(a)..
    hehehe.. XD

  9. ciwer
    August 26, 2008 at 4:59 pm

    kue bola coklat dari den bosch namanya : bosche ball. tokonya yang terkenal itu namanya Jan de Groot. itu kue enaknya dimakan sambil minum teh tawar di musim semi.. wadoohhh…nyes banget !!..hehehe..

  10. dede
    December 11, 2008 at 1:15 pm

    hi..
    mau minta tolong ni mbak/mas.
    aku mahasisiwa ipb mau buat acara festival budaya yang mengangkat kebudayaan belanda.
    btw mau tanya makanan berat khas belanda itu apa, karna yang aku baca dari tulisan mbak kayaknya cuma makan ringannya aja.

    harap balas ya mbak/mas.

    thanx b4.

    =)

  11. December 12, 2008 at 7:47 am

    halo dede..
    kalo makanan berat emang susah..
    tapi coba deh cari resep stampot (mashed potatoes).. itu berat loh.. ama sup kacang merah..
    sisanya apa yah? hehehe.. jarang nemu lagi..

  12. chika
    January 2, 2009 at 5:49 am

    kalo denger makanan2 yang diatas gw sich paling doyan tuch ma makanan itu semua semua juga favorit apalagi yang namanya haring mmmmhhhhhh…..lekker untuk tambahan ada juga ikan paling rasanya gak jauh beda sama-sama enak but mahal boo….bisa2 sampai 1 juta 1 kilo gilee yaa plus buat yg suka pedes jangan lewatin buat makan flametjes snack yg kotak2 kecil biasanya cari aza di snack bar d jamin ketagihan hehe…..

  13. bianca
    August 20, 2009 at 10:57 pm

    Sup kacang merah, namanya BruineBonnen soup, terus yang juga khas makanan belanda adalah erwtensoup, yang paling ngedeketin kalo mau makan di jakarta, bisa di kantinnya Toko Buku Immanuel Proklamasi..mirip beneeer….

  14. honeybeehutch
    November 25, 2009 at 5:11 pm

    di roterdam ada si namanya KAPSALON (jangan bingung dulu, bukan tukang cukur) emang nama makanannya kapsalon. Cuman ada di warung2 turki tp cuman ada di rotterdam ga ada di tempat lain termasuk di turki sendiri soalnya emang ‘ditemukan’ di rotterdam. isinya patat, kip shoarma/ lamb shoarma, keju trus dipanggang bis itu dikasi semacam iceberg, saos sambal (ala belanda) n saos knoflook. Klo gitu jadi makanan khas belanda g ya????

  15. nina
    January 1, 2010 at 2:05 pm

    hiii just info, kalau di bali ada produsen kue kue khas belanda di jalan tukad yeh aya denpasar,kue kuenya ada nastar, kaastengtel,sagu keju,smpruit,panekoek,kroket,biterballen dan lain lain ( soalnya susah nulisnya hehehe bahasa belanda gitu)kl ada yg ke bali cobain aja kue ini jamin gak nyesel telponya ayrin';s kue kering di 081999188810

  16. shahnaz medina
    November 6, 2012 at 9:39 am

    hei mau nanya kalo di jakarta ada yang jual kapsalon gak ya? gapernah nemu huhu

  17. hq
    November 23, 2012 at 9:54 am

    gevulde kip, ama kapsalon tuh lumayan.. di daerah brabant banyak beud yg jualan kaastangels tuh, serasa di indo jadinya. hahaha yg belum pernah aku rasain tuh huzarensla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *