manusia tiga empat tahun

tambah lagi umur saya! alhamdulilaaah! masih bisa menikmati hidup dari BELIAU yang amat sangat terlalu baik pada saya selama 34 tahun hidup. tiga empat??? ya ampun.. tua amat?

tiga empat itu kaya nama sekolahan di jakarta selatan. kaya nomor bus jurusan tangerang. kaya nomor punggungnya hakeem olajuwon. kaya judul lagunya dave matthews band. dan kalau di UUD 1945, pasal 34 itu berisi: fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara (plus ayat-ayat lanjutan lainnya).

waktu kecil, saya merasa bahwa orang berumur 34 itu.. tua. maka ketika saat ini saya mencapai angka itu, saya malah bertanya-tanya, apakah diri ini seperti bayangan masa kecil saya dulu? ternyata tidak sepenuhnya benar. karena itu, buat kalian-kalian yang masih kecil, abg, ataupun masih berpikiran bahwa orang 34 itu tua, silahkan diubah paradigma yang salah itu. kecuali, fakta bahwa orang umur 34 sudah tidak mampu lagi menulis sms gaya alay dengan cepat. yang pasti, umur 34 banyak yang sudah jadi ‘orang’, mulai dari ketua rt, dekan, politisi, doktor, hingga profesor. dan biasanya..Β  mereka selalu diembel-embeli dengan kata muda. jadi umur 34 itu memang masih muda, bukan?

tapi pernah gak sih kita berpikir apa aja yang pernah kita lakukan selama hidup ini? apalagi kalau kita hidup 34 tahun dan masih bingung bedain antara julia perez dan dewi persik. malam ini, saya iseng-iseng mengingat-ingat jalur hidup selama ini. beberapa mungkin sengaja saya lupakan atau disamarkan demi keamanan negara.

umur 1 tahun: bisa jalan
2: bisa lari
3: jatoh ke got, gegar otak dan dijahit di kepala.
4: lupa, mungkin gara-gara gegar otak itu.
5: nangis selama setahun di TK. nyokap wajib ada di ruangan.
6: udah bisa baca. gambarnya masuk tipi di pak tino sidin.
7: ranking satu dong di kelas. pelajarannya masih cemen lah. baca ama nulis.
8: puasa satu bulan penuh. dapat 5000 perak dari bokap.
9: masuk tipi, acara kuis gitu.
10: disunat. lega rasanya.
11: pertama kali berantem. udah itu, kayanya gak pernah lagi.
12: lulus sd dong, nemnya 43. *masih ada nem gak sekarang yah?*
13: angka sial. *yee.. nenek-nenek begadang juga tau*. rambut jadi belah tengah.
14: ranking 50an di sekolah. mampus deh.
15: ketagihan enny arrow dan nonton bokep. anak baek baru puber umur segini.
16: masuk sekolah favorit di bogor. bedol desa. satu kelas isinya temen smp semua.
17: ketemu sahabat-sahabat yang masih kontak sampe sekarang.
18: lulus sma dan dapet pmdk ke ipb. yah, cinta bogor banget emang.
19: jadi mahasiswa dan naek gunung untuk pertama kali (gede pangrango)
20: menjadi anak kost dan tidak tinggal di rumah. i was free.
21: pertama kali ke jawa tengah dan jawa timur. kayanya dulu tuh, jauuh banget.
22: kelayapan keluar masuk hutan, sampe ke aceh.
23: jadi sarjana kehutanan. kerja di riau. jadi orang kayu.
24: kerja di icraf bogor. jalan-jalan keliling sumatera. naek pesawat untuk pertama kali.
25: pertama kali dalam hidup mengunjungi bali *akhirnya kaya turis-turis bule itu*
26: artikel ilmiah pertama terbit. bukan penulis utama tapi membuat bangga.
27: dapet sekolah di belanda. keluar negeri pertama kali. huhuy!
28: keliling eropa. sakit cacar. jadi uwak untuk keponakan tercinta.
29: kerja di birdlife. jalan-jalan ke indonesia timur.
30: balik belanda lagi. phd coi.
31: punya kamera dslr pertama dan ketagihan.
32: nulis artikel traveling pertama di majalah. dan.. ketemu si mbil. πŸ˜‰
33: bikin novel negeri van oranje bareng 3 orang hebat.
34: masih banyak yang harus saya lakukan… antara lain beresin disertasi dan… rahasia ah.

ternyata hidup gak sesederhana yang saya bayangkan, walaupun gak rumit juga. however, i’m just an average guy. terbukti kan kalau 34 itu masih belum cukup tua, karena masih banyak halΒ  yang belum saya lakukan. besok, saya akan bangun dan memulai hari dengan semangat karena jalan saya masih panjang.

michael buble bilang: you are nobody till somebody loves you. lagu ini membuat saya bersyukur, bahwa saya adalah seseorang. bukan karena diri sendiri, namun karena orang -orang hebat yang ada di sekeliling saya, termasuk kamu. iya kamu. πŸ˜‰

jadi.. semangat!! jangan pernah bilang terlambat untuk mengambil mimpi-mimpi kalian.

***

o iya.. ini ada bonus film pendek yang menarik tentang pencarian seorang pahlawan. a must see film. enjoy πŸ˜‰Β  LINK TO THE MOVIE

image source: http://www.flickr.com/photos/cverdier/

31 thoughts on “manusia tiga empat tahun

  1. Inspires me to write my own thoughts about being 34 *sigh* kok jadi males nulis ya??? Pantes tesis gak rampung2 ahahahhah …. Hepi belsdei again ya twinBro!

  2. @antie: pas kamu sd kan pelajaran emang dipermudah.. πŸ˜›
    @ninien: hayu nulis!! happy birthday juga nien.
    @gage: cih.. saruana. elu juga bobogohan di fb dan twitter LOL

  3. @desty: hahaha.. mantap joel!
    @xisara: bukan narsis.. tapi berbagi.. πŸ˜‰
    @mina: ebtanasku dulu tebak2an kok πŸ˜›
    @atta: uh.. dasar anak muda yang kurang ajar..
    @fanny: enjoy your 33 πŸ˜‰
    @rara: ya iya lah.. kan kita contek2an.. πŸ˜›

  4. heppyy birthdeyyyy a… hey, according to your suggestion about pagenavi…. IT WORKS!!! yuuuhuuuu… πŸ˜€

  5. Favoritku nomor 13 hahaaaa…ga mungkin lupa liat anak cungkring berambut belah tengahhhh….aduh cepet amat waktu yahh…

  6. selamat tiga empat..
    34 itu bus ke tangerang. baru tau minggu kemaren karena ada yg nanyain di jl. sudirman.. πŸ˜€

  7. @tiwi: amin wi.. amin.. berapa belum dikabulkan yah.. mudah2an gak kapok. πŸ˜›
    @adept: mending lah.. dibanding lo dulu dituker ama abu gosok. *lo kira botol???*

  8. ooh yg ke-34 toh, hehehe.

    16 : kelas bedol desa, pernah ngerasain juga, hahaha msh kaya gitu ga ya sekarang? tapi seru, jadi bisa punya sahabat2 dekat yang udah dikenal lebih dari 10 tahun πŸ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *