deandra

deandra

de, ketika kamu terdeteksi pada bulan october 2011, bapak dan ibu berusaha untuk tidak seheboh dulu. pengalaman dengan bubi, membuat kami tidak ingin berharap terlalu banyak. walaupun sejujurnya kembang api di dada bapak meledak dengan meriahnya. sedikit demi sedikit, kami memberitahu orang-orang terdekat, mulai dari opa oma, yangkung yangti, aunti, om, hingga akhirnya semua orang tau kalau ibumu hamil lagi.

happy? tentu saja. kehamilan selama 40 minggu itu berisi hal yang beraneka ragam. bapak sedang di belanda ketika ibumu merasa kalau dia hamil. namun, ibumu tidak mau ke dokter ataupun test pack sampai bapak pulang. setelah itu, kemeriahan kehamilan kamu semakin menjadi, mulai dari muntah dan mual yang bikin ibumu menangis, berteriak girang ketika melihat kamu bergerak di layar usg, belanja keperluan kamu, pindahan rumah, mengejar deadline pekerjaan kami sebelum kamu lahir, hingga deg-degan karena ibumu tidak mendapatkan kontraksi yang seharusnya.

ternyata pinggul ibumu terlalu kecil untuk lahir normal. ada kesempatan, tapi hanya 50 persen. satu hari menjelang due date, kontraksi yang ada hanya sedikit. hanya bikin ge er. padahal selama beberapa hari ibumu sudah menjadi atlet jalan kaki dua kilometer di taman kota.

akhirnya, kami memutuskan bahwa kamu akan dikeluarkan dengan cara caesar. bersyukur  kami telah menyisihkan sebagian tabungan kami untuk kondisi ini. walaupun jauh lebih mahal, namun kami rela, asalkan kamu dan ibumu sehat.

tanggal 27 juni, jam 7 pagi, bapak dan ibu sudah masuk ruang operasi di rumah sakit bintaro. tanpa prosedur yang bertele-tele, mereka mengizinkan bapak mendampingi dan bahkan menanyakan apakah bapak membawa kamera untuk mengabadikan kamu. setelah 3 lagu michael jackson, kamu pun lahir. bapak yang biasanya pingsan melihat darah setetes, kali ini dengan tegarnya melihat kamu keluar dari perut ibumu. that was the most beautiful yet heart pounding moment in my life.

saat itu lah bapak sadar kalau hidup kami berdua gak akan sama lagi. bapak dan ibu akan punya anggota keluarga ketiga yang ditunggu sejak 40 minggu yang lalu. bapak yang tadinya tegar, ternyata harus menangis ketika melihat kamu dibersihkan dan dihangatkan, termasuk ketika meng-azan dan iqomat-kan kamu. beautiful!

saat ini, sudah hampir dua minggu kamu mengisi hidup bapak dan ibu. gado-gado rasanya. mulai dari rasa senang, capek karena jadwal tidur yang berubah, kaget ketika kamu melontarkan pup dan pipis hingga ke baju kami, deg-degannya memandikan kamu, sampai tertawa terbahak-bahak melihat berbagai mimik muka kamu ketika tidur. kami sering berdebat, bagian mana dari kamu yang mirip dengan bapak atau ibu. sampai saat ini, banyak orang yang bilang kalau kamu mirip bapak, tapi versi cantik. ya iya lah.

kamu pun ternyata tidak serewel yang kami kira. bahkan cenderung kebluk. saat imunisasi saja, kamu hanya menangis sesaat ketika jarum pak dokter masuk ke paha kamu. setelah itu.. kamu lanjutkan tidur nyenyakmu. cukup dua malam kami merasakan begadang bersama kamu. selanjutnya, kamu hanya bangun sekali atau dua kali di malam hari, dan membangunkan bapak untuk mendengarkan azan subuh gara-gara teriakanmu.

bapak juga bersemangat menemukan trik untuk membuat kamu tidur (atau.. setidaknya membuat kamu tidak menangis), mulai dari mengajak kamu joget, mendengarkan lagu2 jason mraz, cold play, john mayer, sampai berbicara ngalor ngidul soal masa depan kamu. tak sabar rasanya bapak menunggu kamu besar dan melihat cerewetnya kamu. akan kami ajak kamu melihat luas dan indahnya dunia ini.

entah seberapa besar pengaruh kamu untuk mengubah bapak dan ibu. tapi, dua minggu ini kami merasa bahwa kamu telah banyak mengubah kami.. menjadi lebih baik. inilah masa-masa bahagia dalam hidup kami berdua.. dan kami percaya bahwa ini akan terus berlanjut hingga kapanpun juga. kami pun tidak pernah merasa bahwa kami terlambat untuk memiliki kamu. bapak dan ibu percaya bahwa semua hal baik akan tiba pada waktunya, termasuk kamu.

gola gong dalam bukunya om ochan bilang kalau banyak lelaki menjadi pengecut ketika mereka menjadi ayah. mungkin ada benarnya, de. bapak juga semakin pengecut, untuk melakukan hal-hal konyol. bapak semakin berpikir dua tiga kali untuk melakukan sesuatu yang berbahaya. bapak tidak mau membuat kamu susah. bapak berjanji untuk membuat kamu dan juga ibumu bahagia. dengan cara apapun. bapak akan pastikan itu.

terima kasih dan selamat datang di dunia.. deandra zahira permana.  

it’s not hard for me to love you.. no it’s not a difficult thing.. it’s not hard for me to love you.. unconditionally (the world as i see it – jason mraz)

tulisan ini diinspirasikan oleh deandra dan tulisan2 indah ochan kepada anaknya, river di http://riversnote.blogdetik.com/

8 Replies to “deandra”

  1. Congrats, gefeliciteerd, wilujeng kang aaQQ sareng pun biang-na Deandra….

    ngiring bingah!

    Deandra, welcome to the world…. you’re lucky to be born in aaqq’s family…. but watch out, still! (once you’re old enough you know why i said so ;p). cannot wait to have some chats with you,

    aunty m.

  2. Congratulations Bapak, Ibu and Deandra! Welcome to the wild but wonderful parenthood. Hug and kisses for De (it’s funny that I plan to name my 3rd child as Diandra).

  3. qq..jd terharu baca tulisannya..smoga jd anak yg solehah..berbakti sm ortu..smga klga qq tambah bahagia dgn kedatanangan deandra amiin

  4. MER: hatur nuhun thank you aunty! i am sure, she will feel as lucky as you are having me a a friend. or even luckier.. haha. du du du.

    DWI: thanks banget, dwi. 🙂 ayo kasih nama yang sama biar nanti bikin group. 😛

    NUZUL: amin.. thanks bang.

  5. Selamat ya Aa qq, it’s glad to know that you are now a father. May the wisdom and loving heart be with you to guide your child(ren).

  6. T.T okeh, i cried heart touching banget.

    nyesel, kenapa si internet baru heboh akhir”ini? kalo dari dulu” pasti papa aku bisa bikin beginian dan aku bisa senyamsenyum haru pas baca pas uda gede gini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *