ketika hidup memberikan kejutan-kejutan (2013)

ketika hidup memberikan kejutan-kejutan (2013)

IMG_4441 2hidup memang selalu membawakan kita kejutan-kejutan, baik yang kecil maupun besar. kadang kita tidak tahu apakah kejutan itu akan membawa kita pada jalan lain di dalam hidup, atau hanya sekedar menambah resiko sakit jantung bawaan. itu yang membuat gue salut pada orang yang bilang: i love surprises! hebat lu.

satu kejutan yang gue terima di awal-awal tahun berkaitan dengan kantor. lima bulan setelah gue resmi berkantor di selatan jakarta, sang direktur mengundurkan diri. di saat semua jumlah pekerjaan dan tekanan dari belanda semakin meningkat, ditinggal pimpinan sudah pasti bikin sakit kepala.

kejutan tak berhenti sampai di sana. di sebuah event besar kantor, di depan ratusan kolega, board mengumumkan: per april 2013 kepemimpinan kantor indonesia akan diserahkan kepada channing tatum gue. dhuaar!

itulah kejutan besar awal tahun yang membuat 2013 lebih berwarna, sibuk, melelahkan, penuh tekanan namun (ternyata) juga menyenangkan untuk dijalani.

posisi ini membawa gue dealing dengan banyak hal, mulai dari administrasi dan operasional kantor, kesejahteraan dan kesehatan staf, membuat dan memperbaiki aturan kantor, ‘berargumen’ dengan mitra dan kolega, membuka jejaring pertemanan dan profesional, ‘jalan-jalan’ gratis ke belanda dan jepang, negosiasi duit proposal dengan para donor, hingga mengurusi isu sensitif dan politis antar negara. hal-hal yang tidak pernah gue bayangkan di tahun sebelumnya.

lesson learn yang gue ambil selama ini, selain memiliki tim yang bagus, di tangan pemimpin lah  nasib sebuah insitusi (ataupun teritori) dtentukan. pemimpin dapat memilih menjadikan kapal yang dia bawa ke arah yang lebih baik atau tidak. dan itu tidak mudah.

ini juga membuat gue percaya, jika indonesia dipimpin oleh orang-orang yang baik, cerdas dan punya visi, maka negara ini pasti bisa lebih baik. jokowi sudah memulai itu, begitu juga beberapa gubernur/walikota/bupati lainnya. semoga presiden berikutnya juga.

rakyat yang ‘bejat’ pasti selalu ada, itulah gunanya penegakan hukum yang benar. namun jangan lupakan juga, bahwa rakyat yang baik dan cerdas jauh lebih banyak. pemimpin yang baik bekerja dengan raktyatnya mewujudkan mimpi-mimpi bersama.

i believe a good leader was both born and built. being a good leader is a learning process and i am doing it now.

IMG_4519 2kejutan lain datang dari anak gue, deandra. dia semakin besar dan tumbuh secara menakjubkan. banyak kejutan-kejutan, baik besar ataupun kecil, yang ia berikan setiap harinya. istri gue bilang kalau dia tumbuh by the book, tapi buat kami berdua semua hal-hal baru yang ia tunjukkan tetaplah menjadi kejutan.

semua hal yang pertama kali dilakukannya membuat gue takjub dan terharu, mulai dari makan (dan ini ternyata turun dari gue), berjalan, berlari, menari di depan umum, naik ke atas kursi dan meja, memakan tanah, batu, dan kertas, hingga mengucapkan kata ‘bapak’ dan ‘bubu’.

belum lagi sifat-sifat yang membuatnya semakin terlihat seperti manusia seutuhnya, seperti mengambek, menangis manipulatif, merengek dan manja ketika sedang sakit, memeluk jika senang, merasa jijik pada beberapa benda, mengatakan ‘hai’ pada mbak-mbak dan kakak-kakak, takut pada orang-orang tertentu, mengucapkan bye-bye atau no untuk hal-hal yang dia tidak suka, mengenali karakter-karakter di tv dan urutan acaranya, hingga marah kalau channel tv diganti bapaknya.

deandra membuat gue menjadi orang yang (lebih) penakut. gue seringkali cemas jika dia berlari terlalu kencang, naik ke atas kursi, atau sekedar menutup pintu. gue takut dia akan terluka ataupun kesakitan.

gue tau, dan banyak artikel-artikel pun menuliskannya, kalau kita tidak boleh terlalu khawatir pada anak. mengurangi rasa cemas adalah salah satu awal untuk itu. dalam kenyataannya? tidak mudah, beb.

hal ini malah membuat gue berpikir, apakah gue bisa tidak cemas jika dia akan berangkat sekolah sendirian? apakah nanti jika dia sudah abg gue akan mudah memberikan izin jika dia mau pergi ke luar kota? bagaimana mempercayai anak? bagaimana mengurangi rasa cemas? dan pikiran-pikiran lainnya.

dulu gue protes dan marah berhari-hari ketika si mamah tidak memberikan izin untuk naik gunung gede. saat itu, gue berpikir bahwa beliau tidak mempercayai anaknya sendiri. kecemasan pada deandra membuat kenangan gue kembali ke saat itu. tiba-tiba gue mengerti, mengapa si mamah sangat berat sekali melepaskan dan memberikan izin mendaki gunung. walaupun pada akhirnya izin diberikan, namun gue percaya itu tidak lah mudah.

deandra juga sudah bisa memanggil gue: ‘bapak’. dengan suaranya yang merdu, ia memanggil untuk menunjukan sesuatu, mengambilkan benda yang tidak bisa dia jangkau, sekedar memeluk, menyenderkan kepalanya di paha, meminta menggantikannya baju, memandikannya hingga sekedar untuk cebok. all these things.. membuat gue percaya kalau surga itu juga ada di bumi. sangat indah.

dengan semua kejutan-kejutan yang ada, 2013 memberikan gue banyak perspektif dan hal baru dalam hidup. memang benar, untuk beberapa hal kita memang perlu mengalaminya secara langsung untuk bisa memahami apa yang selama ini dibaca, dilihat ataupun didengar dari orang lain.

tahun mendatang, kejutan-kejutan dari hidup akan selalu ada, i am sure of it. entah, apakah gue akan bahagia, tertawa ataupun menangis dengan kejutan-kejutan itu. yang pasti, masih banyak rencana yang harus diwujudkan di tahun mendatang. gue bersemangat karena dua orang yang sangat gue cintai ini.

SELAMAT TAHUN BARU 2014!

IMG_3940 2

 

2 Replies to “ketika hidup memberikan kejutan-kejutan (2013)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *