brandweer

kemarin siang *sendirian* pergi ke open market di centrum. satu hal yang menarik perhatian adalah adanya mobil brandweer (fire truck) yang guedhe banget.. dengan indahnya nge’jogrok’ di tengah centrum. sedikit tertarik saya coba dekati.. ternyata mereka sedang melakukan ekshibisi tentang pekerjaan mereka dengan sasarannya adalah anak2 kecil.

kagum sekaligus miris. di negara saya.. pekerjaan ini bukan pekerjaan yang dibanggakan oleh anak2 kecil. jarang sekali saya menemukan anak-anak yang bercita-cita menjadi pemadam kebakaran. sebagian besar pasti menjawab dokter, insiyur atau bahkan presiden *kasian.. mereka gak tau.. gimana susahnya nyalonin diri jadi presiden di negara kita ini….wakakakak*. para petugas pemadam kebakarannya pun begitu bersemangatnya menerangkan pekerjaan mereka kepada anak2 itu..dengan kebanggaan yang tidak dibuat-buat. bisa jadi karena memang pekerjaan itu sudah mereka impikan sejak mereka kecil.

ah .. terlalu apriori sepertinya kalo saya men-judge petugas pemadam kebakaran di negara saya. mudah2an mereka pun bangga dengan pekerjaan itu dan tidak pernah terlambat jika ada peristiwa kebakaran, walaupun kadangkala telepon-telepon iseng menghantui mereka dengan laporan2 bohong tentang kebakaran di suatu tempat. mudah2an mereka tidak pernah kapok menanggapi laporan2 mengenai kebakaran, baik benar ataupun bohong. amin.