last class

2 days to go.. yah.. kelas terakhir di periode ini.. di study msc saya ini.. *kalo gak niat nambah kredit lagi di tahun depan.. he he*. jumat ujian dan mudah2an semua lancar.

hari ini kerasa banget kalo semua orang lagi bete dan gak bersemangat buat belajar. karena dosennya agak2 geblek juga, kita gak dikasih kesempatan untuk minggu tenang.. kelas terakhir hari kamis, dan jumat langsung ditancap untuk ujian. satu hal.. karena mereka.. dan seperti kebanyakan orang2 eropa lainnya.. udah gak sabar untuk summer vacation!!! waaaak!!! sepertinya gak semua anak2 membaca artikel untuk hari ini *termasuk saya.. he he* dan itu karena pasti berupaya membaca artikel2 dari pelajaran sebelumnya *seperti saya juga, he he he.. sistem sks tetap berjalan..*.

hexy, seorang sahabat dari ghana yang biasanya cerewet, hari ini terlihat diam. bahkan ketika break dan beberapa dari kami membahas tentang rational choice theory.. dia malah berteriak2 menghentikan mereka. ha ha ha ha. sadath, dari bangladesh pun terlihat sunyi.. *walaupun tetap paling keras dibanding yang lain ha ha ha* mungkin karena dia masih harus berjuang dengan draft thesis-nya, yang belum juga dikumpulkan karena kesulitan mencari literature yang berkaitan dengan information instruments. dan arnel, pria philipine yang sangat tergila2 dengan fitness dan renang itu, hanya terdiam duduk di sebelah saya pada saat esther turnhout, sang dosen, memberikan penjelasan tentang hubungan state, market dan civil society, perbedaan government dan governance dan bla bla bla.. yang belum sepenuhnya saya mengerti karena sama sekali tidak membaca bahan untuk hari ini. dia bahkan malah berdikusi masalah part time job untuk summer nanti *emang saya PJTKI? wakakakak*.

alemayo, si cerdas dari ethopia, pun tidak banyak bicara. dia hanya menjawab satu dua pertanyaan diskusi tentang topik hari ini. tapi tetap terlihat bahwa dia membaca betul artikel yang dibawakan esther hari ini. empat teman belanda yang duduk di depan saya, terlihat sangat rajin menulis pada kertasnya. pada saat saya coba intip, ternyata mereka sedang bertaruh untuk pertandingan portugal lawan belanda di semifinal mendatang. ha ha ha ha and you know.. semua menjagokan belanda *iya laaah* dengan score yang hanya berbeda satu dengan portugal, tidak lebih. kenapa meneer? gak yakin menang 3-0 misalnya? hi hi hi.

edward, dutch satu ini pun terlihat stress, entah apa yang ada dipikirannya. tapi ketika kami bersama2 membayar buku untuk kuliah ini *dosennya bilang.. no pay no grade looh.. huu uuh* dia kelihatan sangat kusut sekali, bahkan pada saat saya tepuk pundaknya dia hanya tersenyum dan tidak mengucap sepatah katapun *apa siii*. lalu, wouter, si belgian dengan rambut yang hampir gimbal tapi sedikit botak di atasnya *bingung kan ngebayanginnya?* seperti biasa cuma tertawa2 pada saat break berlangsung. seorang easy going seperti dia memang kadangkala membuat kita sirik.. bagaimana mungkin melihat dia selalu ceria dalam kondisi stress seperti ini? oh ya.. dia tadi memberikan saya pinjaman dua euro pada saat membayar buku. waa.. untung ada dia.. kalo nggak.. bisa malu, ternyata duit saya kurang.. he he he. yang terlihat gembira juga adalah hiep anak vietnam yang baru saja berulang tahun tanggal 28 kemarin. pada waktu kami paksa untuk mengadakan bbq party di koridornya.. dia hanya senyum2 saja. gila aja.. party untuk anak2 sekelas.. bangkrut ntar.

kang dian, another indonesian, saya tidak melihatnya pada saat di kelas. ternyata beliau duduk di deretan paling depan dan pun tidak keluar pada saat break. saya hanya bertemu dengannya di saat kita mau pulang. matanya terlihat merah dan bengkak. sepertinya habis begadangan membaca juga semalam. anouska juga tidak terlihat, dutch lady satu itu tadi menelepon saya untuk membawakannya bahan2 kuliah untuk keesokan harinya. dia hanya mengatakan bahwa bahan hari ini sangat membosankan dan memutuskan untuk tidak hadir ke kelas. selain karena rumahnya yang jauh di arnhem, sepertinya part time job-nya di toko pakaian pun membuatnya sangat lelah. begitulah resiko bersekolah yang dibiayai sendiri. tapi jujur, saya salut dengan semangat-nya yang tinggi untuk tetap bersekolah.

untuk menghibur diri, semua orang sibuk membicarakan rencana liburan summer-nya. hexy paling bersemangat, karena kita sebelumnya berencana untuk tour 3 hari di limburg dan maastricht bersama chantal dan anouska, tapi sepertinya saya tidak akan bisa bergabung. maybe next time guys. atau kita lihat saja setelah ujian.

ah.. kenapa semua ini diakhiri dengan anti klimaks? mudah2an spirit itu masih ada. kelas terakhir di wageningen. dengan beragam budaya dan kebiasaan anak2nya. yang telah memperkaya dan menambah pengalaman hidup saya. yang sepertinya akan sulit saya temui lagi di masa mendatang. thanks guys… for the friendship.. for everything. good luck with your exam.. with your thesis.. with your re-exam.. with your internship.. with everything.