harapan untuk kehidupan

kita semua pasti memiliki sebuah harapan *atau keinginan.. whatever you named it*. apapun itu, harapan seringkali membuat kita lebih hidup. atau lebih extreme lagi, kita hidup dengan harapan *eh sama aja yah? he he he*. dan itu karena kita punya sesuatu yang akan kita gapai. kodrat manusialah yang membuat kita mengejar semua harapan untuk menjadikannya sebuah kenyataan.

keindahan hidup salah satunya adalah pada saat kita bisa mencapai harapan-harapan yang mungkin malah telah menjadi peneman kita tidur selama berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

puas? jangan dulu… kadangkala harapan bukan akhir dari segalanya, bahkan seringkali pencapaian sebuah harapan merupakan pemicu untuk membuat harapan yang lebih tinggi lagi. salah? gak juga sih. malah bagus jika kita bisa terus meningkatkan harapan-harapan itu. toh itu membuat kita lebih hidup kan? so.. apa salahnya membuat hidup diri kita sendiri? sebuah hak dasar manusia kok.

tetapi katanyaaa.. harapan ada batasnya. kita harus tahu kapasitas kita sebagai manusia. harus tahu kapasitas kita sebagai bagian dari sebuah lingkungan sosial yang bernama masyarakat. harus tahu kapasitas kita dengan segala macam keterbatasan fisik dan moral *juga uang tentunyaaaa he he he*. dan itu yang seringkali membatasi kita untuk memiliki harapan. saya tidak menyalahkan semua kondisi eksternal itu. kita hidup disana dan itulah yang memandu pola hidup kita.

seorang sahabat seringkali mengatakan untuk “keep dreaming and dream-building..!”. dan saya setuju itu, dalam aspek kehidupan kita, apapun dan dimanapun. jangan pernah ragu untuk berharap.. bermimpi. jangan jadikan keterbatasan sebagai penghalang untuk berharap atau bermimpi.

saya memiliki banyak harapan, bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi sebuah mimpi. dan yang paling menyenangkan, Allah tahu bagaimana saya ingin sekali mewujudkan semua harapan itu. dan.. sebagian sudah terwujud. tapi saya tidak berhenti disitu saja. harapan itu semakin banyak.. semakin berkembang dan bahkan menjadi sebuah mimpi.. dan saya akan berusaha untuk mewujudkannya. karena itu yang membuat saya hidup sebagai seorang manusia.

terima kasih atas sebuah harapan dan mimpi yang baru saja terwujud. sebuah hal yang merupakan pencapaian harapan terindah dalam hidup ini. saya tahu, semua ini ada batasnya tapi izinkan saya untuk menikmati semua ini. at least.. untuk saat ini.