is it done?

…in short, again – and just to make sure that you don’t loose nerves! Its too early to tell you something about the final grades (and not possible, as the examiner will comment on the grades, as well), but if any of you jerks still has the idea that there is an (even limited) chance to fail: NO, YOU ARE WRONG! All of you made it / will make it … WITHOUT ANY DOUBT. Therefore, relax, read, relax even more, have a cup of tea and have fun on Wednesday, when all of us will meet for the final talk…

*****

sepotong email dari dosen supervisor sebenarnya bisa sedikit melegakan saya yang pada saat itu sedang dalam tahap panik yang cukup parah menghadapi final talk. tapi ternyata itu belum cukup. perlu beberapa orang hadir melalui telepon maupun online message yang akhirnya membuat saya bisa sedikit menarik nafas dan tertidur pulas di malam kemarin.

kata-kata semangat dari beberapa sahabat, indomie telor buatan tintin, turunnya salju dan naiknya harga bbm di indonesia sehari yang lalu, mengiringi kepergian saya menuju ruang ujian. dan satu jam yang menegangkan itu akhirnya terlalui. tambahan tiga huruf di belakang nama *ini yang kamu cari q? bukan kan?* akhirnya bisa didapat setelah berjuang dan ‘beraktivitas’ selama 1.5 tahun di belanda ini. satu setengah tahun yang membuat saya seperti masuk dalam alam mimpi. mimpi masa lalu. dan sebentar lagi.. fajar akan menyingsing.. dan saya harus bersegera bangun. hadapi pagi dan panasnya udara sebuah hal yang bernama realitas.

sudah puas? ah seperti halnya manusia lainnya.. saya juga belum puas. ini bukan akhir dari sebuah mimpi *seperti yang saya selalu katakan*. ini kembali menjadi awal dari sebuah perjalanan panjang. belum tau hendak melangkah pasti kemana setelah ini. masih banyak yang harus diselesaikan.

alhamdulillah.. terima kasih untuk semua sahabat.. juga keluargaku.. ini untuk kalian semua.