da vinci code dan penghilangan teks itu..

da vinci code pembaca novel da vinci code pasti akan merasakan hal yang sama ketika para maniak harry potter menonton film yang didasarkan pada novel karya jk rowling itu. banyak adegan yang dipercepat (busyet…. itu kunci ‘tiga kembang goyang’ kok cepet banget yah.. ditemuinnya?) dan beberapa bagian malah tidak ada. padahal, seperti yang dikatakan seorang teman, justru bagian anagram dan deret fibonacci itu yang menarik buat dieksplorasi. bukan hal yang haram sebenarnya. toh, jika semua bagian di buku itu akan di film kan.. tentu membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dibanding 2.5 jam yang ada ini.

jika melihat secara keseluruhan, film ini cukup asik untuk dinikmati. diluar semua kontroversial yang ada, saya pun tidak merasa terganggu dengan itu, secara saya memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai itu. jadi saya lebih menikmatinya sebagai sebuah film fiksi mengenai perebutan sebuah benda yang bisa membuka jawaban teka-teki “the holy grail”.

tom hanks sendiri, yang dikritisi tidak terlalu cocok memerankan robert langdon, menurut saya bermain dengan baik. sebagai aktor sekaliber oscar, ia seperti biasa dapat memerankan tokoh apa saja dengan baik. tampilan luar tom hanks memang ‘katanya’ tidak seperti yang dibayangkan para pembaca novel karya dan brown ini terhadap sang tokoh utama. namun, di luar itu semua itu saya tetap memuji untuk permainannya yang memang oke. sebagaimana audrey tautou yang walaupun agak terlihat ‘aneh’ di awal, namun cukup bisa mengimbangi mister hanks. belum lagi ian mckellen dan paul bettany yang bermain dengan sangat pas, seperti yang saya bayangkan pada saat membaca novelnya.

cuma….. ada satu hal yang mengganggu..
KENAPA BEBERAPA BAGIAN TEKS TERJEMAHAN ITU DIHILANGKAN??!@!
apa karena beberapa bagian itu merupakan bagian yang sensitif untuk umat tertentu? jadi teks dihilangkan supaya orang gak tau ada kalimat-kalimat yang kontroversial? ah yang bener aja?? buat saya dengan melakukan sensor seperti itu maka LSF menganggap bahwa orang indonesia tidak bisa berbahasa asing!@!$#@. kalau memang berniat menyensor.. hilangkan saja suaranya sekalian.. atau ganti dengan tuuuuuuuuuut.. seperti halnya orang-orang berteriak f*** you! iya kan? dan hal itu mengganggu saya.. dan juga orang lain dalam menonton sebuah film secara utuh.

dan ternyata saya tidak sendirian yang terganggu dengan itu.

the image was taken from here