the future depends on what we do in the present..

salah satu quote yang paling sering saya ambil adalah.. the future depends on what we do in the present oleh Mahatma Gandhi. kata-kata itu langsung menarik perhatian saya ketika saya melihatnya pertama kali dan semenjak itu saya langsung mempergunakannya sebagai footer bagi signature e-mail saya.

mengapa menarik? karena buat saya.. kata-kata itu sangat sederhana.. namun sangat mendalam. dan saya seringkali menjadi terdiam dan terpekur *burung pisaaan* serta merenungkan kata-kata tersebut dari beberapa perspektif waktu.. yaitu masa depan dan masa kini (sekaligus masa lalu).

dengan menempatkan pikiran saya pada masa mendatang..
kata-kata tersebut memecut saya *halah.. sekarang malah serasa kuda..* untuk bisa mengatur kehidupan saya sekarang. kata-kata itu.. membuat saya berpikir keras.. ingin apa saya nantinya.. dan apa yang harus saya lakukan sekarang. walaupun lebih sering berakhir pada sebuah kebingungan, namun kata-kata itu tetap menjadi acuan awal saya buat berpikir lebih strategis tentang masa depan.

dengan melihat pada perspektif masa kini..
kata-kata itu justru membuat saya bersyukur pada apa yang telah saya lakukan dahulu… walaupun.. seringkali saya juga menyesal pada berbagai kesalahan yang dahulu dilakukan.. kata-kata.. coba saya begini dan coba saya begitu.. atau.. kalo saya begini.. pasti saya bakal begitu sekarang.. sering keluar dari mulut ini. namun sebenarnya.. hal itu karena saya seringkali tidak pernah mau menghargai hal benar yang saya lakukan.

jujur.. banyak hal yang sebenarnya di luar perhitungan. faktor keberuntungan kalau kata salah seorang sahabat saya bilang. namun saya percaya.. semua hal di masa kini adalah buah dari apa yang telah kita lakukan dan tentunya.. sebuah kalkulasi dari hal yang (kita anggap) benar dan salah di masa lalu.

pada akhirnya, berstrategi dalam hidup memang perlu dilakukan. hal itu dibuat untuk menentukan nasib kita di masa mendatang. walaupun.. semua nasib kita ada ditanganNya.. tapi kita sebagai manusia perlu berusaha kan? dan yang pasti.. perlu (berani) bermimpi.. akan sesuatu yang kita inginkan. mimpi.. yang tentunya harus bisa diraih.

so.. buat saya.. the future depends on what we do in the present.. itu benar adanya. karena saya telah melihat itu pada beberapa orang.. termasuk diri saya sendiri…

image source: www.uoregon.edu