status ym dan tipe penggunanya

mesin pembawa-pesan (messenger) telah menjadi salah satu perangkat wajib pada saat kita berselancar di dunia maya. tak jarang, pembawa-pesan itu bahkan menjadi salah satu alat komunikasi yang paling murah dan efektif dalam melakukan aktifitas, baik mulai dari silaturahmi, ngobrol, diskusi bahan kuliah, bekerja, berbisnis, pacaran, bahkan nembak atau putus dengan seseorang *dih.. gak modal banged* .

salah satu fitur menarik yang paling sering digunakan oleh penggunanya adalah status yang terletak di sebelah kanan nama si pemilik account. selain, status default yang memang sudah ada, beberapa mesin pembawa-pesan juga memberikan ruang untuk menuliskan status yang lebih personal bagi si penggunanya. mungkin pada tahap awalnya, mereka tidak pernah berpikir bahwa personal-status ini akan menjadi sedemikian dinamis dan bergunanya bagi sebuah proses ngobrol di dunia maya.

saya mengenal dan menggunakan salah satu pembawa-pesan (yaitu ym) sejak tahun 2000, dan melihat sekali banyak hal menarik berkaitan dengan penulisan status oleh rekan-rekan maya saya. saking seringnya, saya bahkan bisa membuat penggunanya menjadi beberapa kategori, yang tak jarang bisa menunjukkan sifat seseorang. saya hanya memberikan contoh kasus pada yahoo, secara ini satu-satunya pembawa-pesan yang paling sering saya gunakan.

  1. konservatif. bisa jadi pengguna baru atau bahkan memang sangat konservatif dan cenderung introvert. status yang digunakan hanyalah available, busy, stepped out atau status-status lain yang disediakan yahoo.
  2. tukang lapor. sesuai namanya, pengguna ym ini sangat suka melaporkan kegiatannya di setiap jam, menit bahkan detik. lagi makan siang.. lagi ke wc.. mandi.. menjemur baju.. praying *haduuuh.. riya sekali*.. sedang makan malam bersama teman koridor yang semua bukan orang indonesia loh *tuh kan..sombong lagi* adalah sebagian diantaranya.
  3. tukang gosip. tidak hanya gosip internasional, regional ataupun nasional, bahkan gosip lokal di kantoran pun kadang tak lepas dari santapan status ym-nya. dewi persik akhirnya tak jadi cerai.. madonna operasi payudara untuk kesekian kalinya.. andi dan lia, jiyeeeeh akhirnya.. eh ada yang hamil loh di sini… sssst, ada kue di ruang admin tapi masa cuma buat lantai satu doang? dan masih banyak gosip2 tidak penting lainnya.
  4. pembaca berita. dengan bacaan wajib beberapa harian online nasional dan internasional, pengguna ini seringkali memberikan headline2 berita disertai dengan link di belakangnya, sehingga kita hanya tinggal meng klik link tersebut tanpa harus mencarinya. pokoknya fungsinya sama dengan feedreader atau bloglines.
  5. tukang curhat. sebagai orang yang cukup extrovert, pengguna ini mampu mengoptimalkan status ym sebagai media curhat berjamaahnya. cukup menuliskan curhat pribadi secara panjang lebar, dan tak jarang berseri, semua kontaknya sudah dapat mengetahui kehidupan pribadinya. akhirnya gue putus sama si donny, emang brengsek juga sih dia, tapi untunglah gue udah nyadar sebelum semuanya terlambat. hiks.. hiks.. hiks.. atau cukup satu kata: aarrrggghhhhhggrhh!!##%^^#
  6. pemalas. beberapa orang, kadang melakukan pembicaraan melalui status tanpa harus berinteraksi kepada orang yang dituju. boy, barang lu udah gue kirim ke rumah ya, telepon nyokap lu aja… mira, gue tadi ketemu diaa dan gue panas dingin gini.. dan masih banyak lagi.
  7. pengen diajak ngobrol. pengguna ini sangat ingin diajak ngobrol tapi tidak pernah ingin memulai pembicaraan karena takut ditolak atau pun dikacangin. jadi, seringkali mereka menuliskan kata-kata semacam: available loh.. available but not looking.. lagi sepi nih.. pengen di buzz dong.. dan masih banyak lainnya.
  8. kopi paste. ini tipe orang pemalas namun masih ada sedikit usahanya. misalnya dia mencari lirik lagu, puisi, kutipan orang terkenal atau apapun, meng kopi dan mem paste kan di status ymnya. jangan harap bisa terbaca hanya dalam sekali highlight di namanya. kita harus membaca perlahan hingga akhirnya membaca statusnya secara lengkap. kalaupun pendek, kadang ada dalam bahasa yang sulit dimengerti dan membuat penasaran orang yang membacanya. tak jarang banyak orang salah duga dengan status yang dia pasang pada saat online. padahal itu cuma sebuah lirik lagu ataupun kata-kata di dalam sebuah film. ah dasar.. kita aja yang doyan gossip.. hi hi hi.
  9. tukang jualan. tulisan-tulisan seperti: asap, bu, jual cepat menjadi beberapa kata-kata di dalam statusnya. seringkali ia juga menjadi penghubung bagi teman2nya yang ingin menjual barang-barang pribadinya. seorang marketing yang handal yang tahu mengoptimalkan semua saluran yang ada. ckckckckc.
  10. narsis. cukup dengan memberikan satu link ke blog, flickr, friendster, atau situs2 narsis lainnya maka semua orang sudah tau apa yang terjadi dengannya. hmm.. sounds familiar nih.. hahaha.

tentu masih banyak lagi tipe2 pengguna ym berdasarkan status mereka. walaupun ada juga golongan yang tidak pernah terlihat (invisible) namun doyan banget diajak ngobrol dan kadang mengomentari status yang kita gunakan. naah.. termasuk golongan manakah anda? atau anda punya kategori tambahan lainnya?

owia.. punya ym? add saya ya.. dan anda akan melihat termasuk tipe apakah saya ini.