bangga jadi anak 80an..

sebagai seseorang yang terlahir di pertengahan tahun 70an, maka tahun 80an-90an menjadi masa dimana saya merasakan dunia remaja tanggung dengan segala macam pernak-pernik delapanpuluhan yang ajaib-ajaib. tidak banyak memang yang saya ingat, karena memori saya pun (ternyata) lumayan pendek.

jangan tanya tentang internet, chatting ataupun dunia televisi swasta. saat itu dunia hiburan masih dikuasai oleh tvri dengan film unyil, film minggu siang, film akhir pekan, dunia dalam berita, cerdas cermat, siaran berita bahasa inggris (ah.. pak anton hilman!!), serial losmen, rumah masa depan dan masih banyak lagi. juga munculnya beberapa novel dan karakter imajiner seperti lupus, olga, roy, huma, mimin,lima sekawan, sapta siaga dan masih banyak lagi, diluar majalah seperti hai, bobo, mode, kuncung, nina dan lain-lain. tak lupa, video betamax yang dibelikan bapak saya dengan kaset-kaset pinjaman mulai dari goggle v, gaban, sharivan, lion man, megaloman, voltus dan candy-candy (hi hi hi). semuanya mengisi hari-hari saya di masa itu.

belum lagi senam kesegaran jasmani yang harus saya hapalkan di sekolah, juga kurikulum yang terus menerus diganti oleh depdikbud kita. saat itu pun saya diharuskan menghapalkan program repelita kita, nama-nama menteri beserta hapalan-hapalan geografis lainnya. ah.. masa yang menyenangkan. buktinya.. bukan sombong.. raport saya sangatlah memuaskan dengan tulisan di samping kanan halaman nilai: pertahankan prestasimu.. hiyaaah.

namun, saya hanya remaja tanggung saat itu dan tinggal di pojokan kampung di kota bogor. karena itu, saya tidak begitu mengerti tentang beberapa icon khas remaja gaul 80an saat itu, seperti blok-m dengan melawainya, musro, ah ataupun beberapa tempat gaul lain di jakarta masa itu. saat itu saya pun tidak bisa mendengarkan radio prambors ataupun mengikuti gegap gempitanya catatan si boy yang disiarkan melalui radio. breakdance? masuk sih di kampung saya.. tapi tetep aja saya gak ikutan (nyesel abis). apalagi kalo harus mengikuti klub-klub hardtop gede dan mobil-mobil 80an lainnya. la wong di bogor aja adanya angkot kuning hijet 500 dan hijet 1000. bahkan kemana2 saya lebih sering pake becak. tapi bogor di saat itu sangatlah indah, segar, tidak macet dan dingin!! uh..i miss the old bogor.

mengenal kumpulan ini membuat saya mengingat-ingat kembali masa indah itu, sekaligus mengenal kembali dunia lain di luar dunia saya pada tahun 80an. sudah lama sebenarnya saya bergabung dengan mereka, namun baru kali ini saya berkeinginan untuk menulis tentang mereka. sebuah kumpulan yang saya sendiri belum pernah bertemu secara fisik. paling hanya melalui milis ataupun yahoo messenger setiap harinya. diinisiasi oleh pakde q dan beberapa temannya, ternyata kumpulan ini mampu bertahan hingga saat ini (setahun bow..) dengan anggota yang senantiasa bertambah setiap harinya (berlebihan gak sih???). beberapa dari mereka memang sudah bertemu secara fisik dan bahkan beberapa bersahabat dengan akrabnya. bahkan.. katanya mereka sudah masuk tv dan radio. hebat bukan? tapi satu hal yang membuat saya kagum.. keriangan dan kenistaan mereka. tak jarang, celaan satu sama lain membuat kami semua tertawa terbahak-bahak walaupun hanya via ym. apa semua anak 80an nista dan riang seperti ini? entah lah.. cuma rano karno dan yessi gusman yang bisa jawab (loh?)

ternyata angka 80 mampu mengikat mereka semua (entah kuat ataupun tidak) untuk menjadi sebuah keluarga, baik secara nyata maupun maya. diluar itu, persamaan yang dimiliki anggotanya juga mampu menjadikan mereka mengikatkan dan memasrahkan (halah.. gak bisa pake kata yang bener apah??) dirinya pada kumpulan ini, entah karena persamaan umur (yeaa.. beda-beda tipis laaah), persamaan nasib (?), persamaan kesadaran bahwa ada perubahan trend di dunia luar sana dan kesadaran bahwa kita semua ternyata sudah tua dibanding para abg yang muncul (hahahahahaha) ataupun.. keinginan buat bernostalgia tentang masa lalu. beberapa bahkan (mungkin) menjadikan kumpulan ini sebagai ajang mencari sahabat dan jodoh (upps.. maap). namun apapun yang melatarbelakanginya.. semoga kumpulan ini tidak seperti hangatnya tai ayam di kampung bojong, tetap eksis hingga kapanpun dan yang pasti berguna bagi para anggotanya. karena itu.. walaupun umur sudah menginjak kepala 3, saya ternyata bisa dengan lantang berkata: saya bangga jadi anak 80an!!

anda merasa anak delapanpuluhan dan mau join milis lapanpuluhan? silahkan daftar di sini dan jangan lupa kunjungi cerita-cerita mereka di blog ini.