coffee facts..

menarik sekali membaca berbagai tulisan yang membahas mengenai kopi, baik sejarah maupun pernak-pernik di dalamnya. saya menyarikan beberapa fakta menarik mengenai kopi, mengambil dari beberapa literatur, buku dan majalah yang kebetulan saya lahap di dalam perjalanan menuju tempat kerja. mengenali kopi ternyata menjadikan kita mengerti tentang beberapa hal yang berkaitan dengan sejarah ataupun prilaku manusia di belahan dunia ini.

  1. kopi berasal dari ethopia, berpindah ke yaman, lalu ke india. oleh pedagang eropa, biji kopi dibawa dan ditanam di srilangka dan jawa. di jawa inilah pemerintah belanda mendapatkan keuntungan yang cukup besar pada awal abad 18. beberapa keturunannya dibawa kembali ke belanda dan digunakan sebagai hadiah bagi raja prancis, louis XIV. dari prancis, kopi berpindah (dicuri?) ke kepulauan karibia, dan berkelana lagi menuju haiti, brazil dan mexico. dari brazil, kopi diperkenalkan di kenya dan tanzania yang jaraknya hanya beberapa ratus kilometer dari ethopia. benar-benar sebuah perjalanan yang panjang bukan?
  2. walaupun iklim eropa tidak cocok untuk menanam kopi, pada tahun 1706, pemerintah belanda membangun sebuah amsterdam botanical garden. mereka secara hati-hati berupaya menumbuhkan kopi yang benihnya diambil dari pulau jawa. hal ini ternyata berhasil dan membuat amsterdam menjadi pusat perdagangan kopi di eropa.
  3. kopi disebut juga anggurnya arab. pada awal abad 19, kopi dinikmati di mesjid-mesjid di aden setelah mereka menjalankan ibadah, terutama pada saat shalat malam. hal ini akhirnya menyebar di seluruh bagian arab terutama mekah dan diikuti oleh kota-kota muslim lainnya.
  4. salah seorang doktor di persia, rhazes (AD 859-922) menuliskan sebuah biji bernama bunchum, yang dikenal sebagai biji kopi, dipercaya sebagai obat. hal yang sama juga ditulis oleh avicenna (AD 980-1037), seorang pyhisician dan filsuf muslim. hal ini menegaskan fungsi kopi yang dikenal sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. bahkan di jepang, berendam di dalam kopi yang sudah dipanggang dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.
  5. walaupun masih berupa rumor, namun dipercaya bahwa keberadaan kopi menjadi penggerak terjadinya revolusi di eropa, khususnya di prancis. tumbuhnya kedai-kedai kopi menjadi tempat baru bagi para pemikir prancis untuk berkumpul. selain itu kopi membuat peminumnya mendapatkan energi tambahan dan melancarkan kerja otak. voltaire, filsuf dan pemikir prancis, meminum 40 gelas kopi sehari yang dipercaya menjadi stimulan ide-idenya bagi demokrasi modern di prancis.
  6. itali yang terkenal dengan kopi esspressonya, ternyata merupakan negara eropa pertama yang mengimpor kopi secara komersial.
  7. pembangunan jalan raya anyer-panarukan di pulau jawa, dibuat untuk kepentingan pemerintah belanda, salah satunya adalah untuk memudahkan transportasi pengangkutan biji kopi.
  8. kopi arabika dari indonesia. khususnya jawa pernah merajai perdagangan kopi di dunia, namun serangan hama pada tahun 1878 membuat produksi arabika di jawa semakin turun drastis dan digantikan oleh jenis robusta. saat ini perdagangan kopi arabika didominasi oleh jenis yang berasal dari brasil dan kolombia. namun indonesia, tetap menjadi produsen terbesar di dunia untuk jenis kopi robusta.
  9. jenis arabika menguasai 70% jenis kopi di seluruh dunia.
  10. kopi robusta memiliki 2 persen kafein dan kopi arabika memiliki kandungan 1% kafein untuk perbandingan berat yang sama.
  11. aroma kopi tergantung pada letak geografis kopi itu ditanam. kopi afrika dan arab beraroma buah-buahan, kopi indonesia beraroma tanah dan herbal sedangkan kopi amerika latin beraroma kacang-kacangan, jeruk dan cokelat.
  12. kopi tubruk tidak bisa didiamkan lebih dari 20 menit, karena akan mengurangi kadar aroma-nya.
  13. penikmat kopi sejati tidak akan mencampurkannya dengan rokok karena akan merusak aroma dan rasa kopi.
  14. minum kopi dengan jumlah yang tepat menyehatkan (lebih kurang 3 gelas sehari), kecuali jika anda meminumnya lebih dari 100 gelas sehari. namun, kadar kekuatan setiap orang terhadap kafein memang berbeda-beda, jadi kenali diri anda sebelum menjadi penikmat kopi.
  15. jika anda berada di belanda, perhatikan baik-baik kedai kopi yang akan anda masuki. banyak sekali koffie huis atau coffee shop bertebaran, namun ternyata di dalamnya adalah tempat untuk khusus menikmati ganja dan mariyuana. biasanya, dari bau-nya anda akan tau apakah sebuah tempat merupakan kedai kopi atau memiliki fungsi yang lain.
  16. bun adalah kopi dalam beberapa bahasa di afrika, berubah menjadi bunn menurut kata-kata dalam bahasa arab. sedangkan kopi dalam arti minuman, berasal dari bahasa turki kahveh yang dimodifikasi dari bahasa arab yaitu kahwa atau qahwah.

menarik bukan? masih banyak info menarik yang berasal dari biji-biji ajaib ini. i’ll continue the coffee facts later.