juno – the movie

juno: dad.. i.. just.. need to know that it’s possible two people can stay happy together forever..

dad: it’s not easy for sure… [bla.. bla.. bla..]

dad: the best thing you can do is find a person loves you for exactly what you are.. good mood.. bad mood.. ugly.. pretty.. handsome.. what have you.. [silent] the right person still think that sunshine right at your eyes (or ass??).. that’s the right person you can stick with..

****

film-film remaja bertemakan hamil di luar nikah memang banyak beredar di mana-mana. tapi juno yang mengangkat tema serupa, dapat membuat film ini tidak membosankan. juno bisa membuat gue melihat kerepotan seorang remaja hamil di luar nikah tanpa harus berpikir sebagai sebuah hal yang repot. padahal sumpah.. kayanya.. repot! gue pun yakin, kita bisa mengambil hikmah dari film itu tanpa harus membuat kita serasa ‘diajarin dan diguruin hal yang baik dan benar’.

alur ceritanya sih biasa saja, juno (ellen page) anak umur 16 tahun mengetahui dirinya hamil setelah melakukan hubungan sex dengan sahabatnya di band, paulie (michael cera). mereka memang tidak pacaran, namun sifat juno yang agak sedikit tomboy dan ingin tahu segala hal, plus paulie yang agak sedikit geek.. membuat mereka terjebak untuk melakukan itu.

aborsi menjadi pilihan pertama, yang akhirnya di gagalkan, dan juno memilih untuk mencari orang tua asuh yang mau mengadopsi anaknya. pilihan jatuh pada pasangan muda dan kaya *do you think they’re a lucky couple? think again, folks..*, mark (jason bateman) dan vanessa (jennifer garner). hingga pada saat menjelang kelahiran, konflik pun terjadi pada pasangan ini dan mereka bercerai. juno terhenyak, harapan untuk mendapatkan orang tua yang sempurna bagi anaknya tiba-tiba hilang. hingga akhirnya, setelah ia melahirkan.. ia pun memilih untuk… ah udah nonton aja filmnya.

menarik melihat pola hubungan antara juno dengan ayah (j.k. simmons) dan ibu tirinya (allison janney), terutama pada saat juno mengaku kalau dirinya hamil. walaupun kaget, keduanya ternyata mampu bersikap tenang dan mengambil langkah-langkah yang gak membuat juno melakukan hal konyol *karena mereka lebih memilih kalo dia kena drugs ataupun dikeluarin dari sekolah.. haha dudul*.

juno pun masih tetap seperti anak remaja pada umumnya. ia tetap bersekolah dengan membawa perut yang lumayan menarik perhatian semua orang. ia masih berteman dekat dengan paulie, yang memilih untuk tidak ikut campur dalam urusan kehamilan juno *asli.. dia bener2 polos abis..bahkan.. celana dalem juno yang ada bercak darah aja masih dia simpen.. huakakak*.

film ini pun tidak membahas panjang lebar tentang cemoohan dan pandangan miring orang terhadap kehamilan juno, juga kemarahan ayah juno terhadap paulie, ataupun ketidaksukaan ibu paulie terhadap juno *sinetron abis itu mah*. tapi lebih melihat sisi kepolosan dan kecuekan juno yang memang tidak menginginkan anak itu, namun tetap berharap bahwa si pasangan itu akan menjadi orang tua yang baik bagi anaknya.

juno memang tidak memperlihatkan sisi keibuan atau cengengnya, walaupun sudah hampir masa melahirkan. tapi sisi kekecewaan dia yang mengetahui bahwa pasangan itu akan bercerai, membuat gue melihat sebuah sisi lain seorang calon ibu (yang memang masih anak-anak).

beberapa pandangannya tentang anak, pernikahan, hubungan antar manusia, dan pertanyaan-pertanyaan polosnya tetap menunjukan dia memang masih remaja umur 16. juno tidak otomatis menjadi dewasa karena dia tiba-tiba hamil. juno tetap juno yang tomboy, cuek, dan polos. percakapan dia dengan ayahnya di atas juga membuat dia menemukan cinta sejatinya pada paulie.

tapi buat gue.. kata-kata bapaknya itu benar-benar menusuk hati terdalam bagaikan samurai jepang yang panjang, tajam dan bergerigi dan mengoyak-ngoyak semua bagian tanpa tersisa. jleebbbhhh.. errrghh.

gue kasih rating empat bintang untuk film ini. gak heran juri academy award 2008 juga memberikan 4 nominasi, termasuk aktris terbaik buat ellen page yang emang *asli !* bermain dengan sangat natural, awesome and so breath-taking! *seseorang-yang-gak -mau-gue-sebut-namanya mode on*. she rocks!! eduuun.

ada juga yang mengatakan kalau film ini mirip (or re-make) dari film korea yang keluar tahun 2005 dan ndilalah.. kok judulnya mirip: jenny, juno. ckckck. ah tapi sudahlah, juno di film korea adalah nama sang cowok dan di sini adalah kebalikannya. juno sendiri diambil dari nama seorang dewi romawi kuno, yang juga anak dari saturnus, istri dari jupiter dan ibu dari mars, juventas dan vulcan. *halah.. kok kemana-mana?*

o ya.. satu lagi.. i love the soundtrack. it’s so kewl.. and below is the movie trailer. enjoy 🙂

[aaqq01]K0SKf0K3bxg[/aaqq01]