saya tahu.. saya tidak boleh menangis.. apalagi di depan bapak dan ibu. karena, kalian sendiri mungkin banyak menyimpan hal yang tidak boleh saya ketahui ketika saya di sini dan mungkin menangis di belakang tanpa saya ketahui. setelah beberapa tahun kemarin, banyak hal yang membuat kita jatuh. tapi kalian membuktikan bahwa kita bisa bangun dan berdiri tegak menghadapi itu semua. jangan pikir saya kuat karena saya memang kuat. jangan pikir saya tidak menangis karena saya tidak sensitif. itu karena saya dikuatkan oleh kalian berdua.

kadang saya berpikir bahwa apa yang kita lakukan hanya berlari dari kenyataan yang ada, karena ternyata hingga saat ini masih ada saja hal yang bisa membuat kita terjatuh. tapi sepertinya bukan, itu adalah usaha kita untuk maju dan membuktikan pada semua orang bahwa kita masih bisa berdiri. dan itu yang membuat saya bangga memiliki orang tua seperti kalian.

tapi bapak.. ibu..izinkan saya menangis untuk sekali ini saja. izinkan saya berteriak sekeras yang saya bisa. bukannya saya tidak kuat. tidak pula karena saya cengeng ataupun lemah. tapi karena saya ingin menghabiskan semua air mata dan amarah ini, untuk bisa maju bersama kalian menghadapi angin yang tiba. percayalah, kita pasti bisa melewati ini semua.

untuk bapak dan ibu..
dan juga salah satu sahabat saya..

kamu pasti bisa melewati itu semua