atmosfer

pengen tau atmosfer-nya. itu kata-kata andalan yang selalu dibilang ketika gue mau melakukan sesuatu yang belum pernah gue lakukan ataupun penasaran dengan sebuah hal baru tapi gak yakin ataupun emang gak sengaja terjerumus di dalam sebuah hal yang ternyata-gak -enak tapi malu-buat-ngakuin-nya ataupun emang narsis belaka *alasan yang mengada-ngada*. tapi gue rasa, itu juga bisa karena faktor adventurous *ada kan istilah itu?* atau emang penasaran untuk mencoba hal-hal yang baru. walaupun untuk beberapa orang, itu juga lebih kepada keberuntungan semata ataupun emang pengen keren aja *halah*.

mencoba masakan hasil uji coba seseorang yang baru tau cara motong bawang, memasuki ladang ranjau di vietnam, nyemplung di kolam taman monas, melakukan hormat ala nazi di jerman dan sejenisnya mungkin bisa menjadi contoh. ah, tapi gue gak se-extrim itu lah, beberapa hal sebenarnya buat orang lain mungkin gak terlalu baru atau bahkan biasa-biasa aja. tapi teuteup buat gue kalau ada orang nanya kenapa gue melakukan itu, ya…. gue kan pengen tau atmosfer-nya aja. halah..

1. setelah partai pertama belanda gue tonton di rumah, akhirnya dengan alasan di atas, gue menonton partai belanda versus prancis *menaaaaang!!!* dan belanda versus rusia *kampreeeeeet!!!* di sebuah cafe di centrum. bergabung dengan gerombolan orange, berdesak-desakan, sambil teriak-teriak kegirangan ketika gol disarangkan, termasuk ikut kecewa ketika belanda gak lolos ke semifinal, buat gue adalah atmosfer yang menyenangkan untuk diikuti. tapi yang bikin gue salut, pemilik kafe memang sangat ketat dengan jumlah pengunjung yang bisa masuk. ketika mencapai limit jumlah tertentu, mereka langsung menutup pintu dan tidak memperbolehkan orang lain buat masuk. padahal di dalam masih ada ruang yang menurut gue masih bisa dimasuki oleh beberapa orang lagi. *kenek mode on.. dua lagi bu.. dua lagi bu..*. bersama rombongan anak-anak indonesia lainnya, kita cuma berharap bahwa embah-embah kita gak marah karena kita ampe segitunya nge-dukung kumpeni yang dulu nge-jajah negara kita. huehehehe. ah belanda.. kenapa maen lo jelek sih!!@##@! *masih bete*

2. turki menang lawan kroasia. sebagai salah satu negara dengan penduduk migrant dari turki yang cukup banyak, pasti malam itu bakalan ada pawai besar-besaran di penjuru kota di belanda. alasan yang sama dengan di atas, membuat gue dan siradj memutuskan lewat amsterdamstraatweg, salah satu basis migrant turki di utrecht. tidak salah sodara-sodara!!! berbeda dengan suporter belanda yang merayakan kemenangan dengan berjalan kaki ataupun mukul-mukulin bus, para suporter turki ternyata terlihat lebih bermodal. mereka mengeluarkan semua mobil, motor, bendera dan cewek-cewek mereka yang seki seki dan dilanjutkan berpawai di sepanjang jalan itu. satu hal yang membuat gue salut, walaupun mereka sudah jadi migrant dan bahkan memiliki passport belanda, mereka masih punya nasionalisme yang tinggi terhadap negaranya. bahkan masih sempat-sempatnya membawa bendera turki di rumah masing-masing, termasuk bendera yang guede banget yang biasa dibawa ke stadion sepakbola. ckckckckc. turkiye emang oye. walaupun agak deg-degan karena takut ada keributan ataupun berharap ada antrian makan kebab gratis, tapi syukurlah.. semua itu gak ada. ketika gue balik jam 1 malem, cuma satu orang ditangkep dan polisi yang banyak banget berjaga di sepanjang jalan. halah..

3. kerja di restoran memang menjadi salah satu andalan mahasiswa indonesia di sini untuk mendapatkan uang saku. dengan alasan atmosfer dan tentunya uang tambahan buat beli beras *halah* gue pun menjadi waiter di salah satu restoran indonesia pada saat penyelenggaraan pasar malam besar di denhaag. restoran surabaya milik patricia hartono itu memang fenomenal. baik dari segi rasa makanan yang enak maupun ukurannya. alhasil, kita kerepotan amat sangat ketika jam makan siang dan makan malam tiba. teriakan-teriakan ke orang dapur serta kemarahan pelanggan karena makanan telat datang hanyalah sebagian kecil kemeriahan yang ada di restoran. sebagian memang menyenangkan, terutama ketika melihat pelanggan happy dan memberi kita tips yang lumayan besar karena kita bisa melayani mereka dengan baik. yang pasti itu membuat gue lebih menghargai pekerjaan waiter di restoran-restoran, terutama di indonesia. gile coy, capek abis tauuuu!! makanya jangan marahin pelayan kalo kita di restoran. tanya dulu penyebabnya apa? sapa tau emang ada hal teknis di luar jangkauan mereka yang bikin makanan telat dateng ataupun ada kecoa di dalemnya.

tapi satu hal yang membuat restoran surabaya ini lebih fenomenal adalah karena gue dan teman-teman hingga detik ini ternyata belum dibayar. hiks. mudah-mudahan yang punya tersadarkan akan keringat kami yang sudah diperas. juga diberikan kesehatan dan kekayaan untuk bisa membayar para pelayan-pelayannya. amin amin amin. kalau memang tidak dibayar juga, mudah-mudahan Allah yang akan membayar gaji kami melalui cara yang lain. yang sabar ya prens, pasti ada hikmah untuk semua ini.

4. gue mencoba masakan ethiopia!! woow!! ketika dulu tinggal sekoridor dengan salah satu orang ethiopia, gue selalu misuh-misuh dengan bau makanan yang dia buat. ada beberapa rempah-rempah khas mereka yang gak cocok dengan idung gue. alhasil ketika yang bersangkutan pindah, gue berteriak-teriak kegirangan. tapi hari itu, atas undangan dari teman gue, kami para mahasiswa di departemen IDS mencoba masakan mereka, dan ternyata enak banget sodara-sodara!! di luar bau rempah-rempah yang menusuk hidung, masakan mereka hampir sama dengan masakan indonesia. terutama yang kambing-kambingan, sapi-sapian dan ayam-ayaman. asiknya, kita makan dengan tangan dan seperti sunah rosul maka makanan disajikan dalam satu baki yang dimakan beramai-ramai. huaaaa.. asik. makanan pokoknya bernama injera yang berbentuk seperti martabak kosong dan berasa agak asam. cara kita makan adalah dengan mengambil sedikit injera yang diisi makanan lainnya. nyaam. gue juga mencoba minuman mereka antara lain honey-wine dan bir pisang yang rasanya.. hmm.. agak terlalu manis buat lidah.  tapi, well.. sekali lagi.. atmsofer-nya dapet.

5. nge-plurk. ah gak perlu komen deh.. add aja gue di sini yah. silahkan nyepam dan menyanyah bareng. puas abis deh. beneran.. jaminan mutu. hahahahaha.