indo trip: short time great value

the green belt
setiap orang suka kejutan, apalagi kejutan yang manis, seperti saya. walaupun, seringkali jika berharap mendapat kejutan, saya malah tidak mendapatkannya. bulan puasa lalu, saya (lagi-lagi) mendapatkan kejutan manis. bagaimana tidak, si bapak boss yang baik hati itu tiba-tiba menawarkan sebuah tiket amsterdam-jakarta pulang pergi dengan imbalan saya harus jalan-jalan.. eh, bekerja.. bersama dia di danau singkarak dan jambi selama dua minggu. siapa yang tidak mau?

ternyata itu belum cukup. saya malah ngelunjak dengan meminta keberangkatan yang seyogyanya dilakukan bulan oktober itu, dimajukan sekitar satu bulan.  alhasil, lagi-lagi dengan kebaikan hatinya si bapak boss memberikan izin sehingga saya bisa berlebaran bersama keluarga. dan tiga hari sebelum hari raya saya pun meninggalkan belanda.

lalu, siapa yang bilang dua bulan itu waktu yang lama untuk bepergian? damn, it’s short, in particular if you have so many plans in your head, pals! dua bulan dua minggu saya lalui pada perjalanan kali ini, and that was really an exhausted, mentally and physically, two months trip with so many things attached. an unexpected trip with many things that important for my life in the next coming months (or even, years).

and when i sat down in the sq flight that took me back to amsterdam, i felt so relieved. i closed my eyes and smiled when i thought about what had happened during the last 2.5 months back.

ya, tak hanya saya, tapi juga semua keluarga dan juga si mbil begitu terkejutnya ketika saya pulang ke indonesia. they didn’t expect that i will come back that soon. maka, lebaran kali ini menjadi lebih meriah tidak hanya karena semua berkumpul di rumah, namun juga karena ada saya *jiyaaah*. semua keluarga besar pun berkumpul. tak lupa para keponakan-keponakan baru dari sepupu-sepupu yang telah beranak pinak. pertanyaan ke saya masih sama: kapan? tapi tidak sesering tahun lalu. mungkin mereka juga sudah menyerah dengan jawaban amburadul saya. atau mungkin karena saya punya si mbil? atau karena mereka lupa gara-gara ketupat dan paru goreng buatan si mamah yang memang bisa menghipnotis orang? entahlah.

derawan island tapi, trip kali memang bukan liburan, meskipun housemates saya bersikeras kalau tempat riset saya adalah tempat berlibur. ya mereka memang tidak salah. tapi, siapa yang bisa menahan diri untuk pergi ke berau yang seperti layaknya surga di kalimantan timur itu? maka, tak lama setelah lebaran, saya pun menghilang dan menyepi di berau untuk 2 minggu. tidak hanya untuk melengkapi data-data yang kurang, namun juga untuk melepas kerinduan pada tanah berau dan orang-orang baik di sana.

masih belum cukup, saya dan si boss baik hati pun bekerja (yes, we worked there!) menyelesaikan dua project yang baru dimulai, yaitu rubber jungle project in jambi and carbon project in danau singkarak. walau pekerjaannya cukup menguras otak dan emosi, namun saya terhibur oleh alamnya yang memang menakjubkan. selain itu, saya pun dimanjakan oleh makanan-makanan khas jambi dan padang yang rasanya memang tidak diragukan lagi. juara! sebut saja rendang, dendeng batokok, gulai kambing pedas, sate padang, martabak mesir dan berpuluh-puluh sajian kuliner lainnya. masih belum cukup, saya pun mendapat durian runtuh dalam arti yang sebenarnya. it’s a durian season!!! yeaaah! maka, tiada hari tanpa durian saya lalui di sana. dimulai dengan hanya tiga buah hingga akhirnya membeli 25 buah durian dalam sekali waktu. gila? emang.

saya juga akhirnya merasakan yang namanya, talkshow. hooray! bersama adept dan wahyu, kami pun ber-lenong ria di senayan bercerita panjang lebar soal pembuatan novel negeri van oranje, plus suka duka selama masa penulisan. agak grogi juga di awal. apalagi ditonton semua teman-teman yang begitu antusias mendengarkan cerita dari novel ciamik itu. but, i like it tough. banci tampil dan ngomong ternyata ada di dalam darah saya. haha. sayang, talkshow kedua yang dilaksanakan di kota kelahiran saya, ternyata akan dilakukan setelah saya terbang ke belanda. ugh, sungguh tega memang mbak bentang ini.

satu lagi kejutan saya terima, ketika salah satu sahabat kami di metro tv mengatakan bahwa novel kami akan tampil di acara kick andy. kami hanya bisa berteriak: kick andy? wooow? loncat. pingsan. dan lagi-lagi sebagai banci tampil saya berharap bisa masuk tipi nasional. tapi memang segala sesuatu yang diharapkan berlebihan itu tidak selalu mulus jalannya. kick andy ternyata syuting di saat saya sedang berada di tengah rimba jambi sumatera sana. saya pun pingsan lagi. untuk menghibur diri, saya selalu  bilang bahwa nvo sampai di kick andy saja sudah menjadi  kehormatan tertinggi bagi kami, para penulis newbie. tapi tak lupa, dilanjut dengan berdoa kencang2: semoga bung andy berkenan mengundang kami di lain kesempatan. amiiiiiiin.

pulang, tak bilang2 pun akan tercium baunya. maka kepulangan saya kemarin juga menjadi ajang reuni. mulai dari teman sd hingga teman-teman kuliah di belanda. saya bahkan ikut pesta blogger 2009 yang memang cihuy itu. namun, tidak semua teman sempat saya ditemui. saya merasa malas untuk bepergian ke sana kemari. bukan berarti saya tidak rindu mereka semua, namun sepertinya rasa capek dari perjalanan ke luar kota berpengaruh pada mood dan stamina. saya pun menjadi lebih senang berada di rumah. tanda-tanda penuaan? ya iya lah mang.

tapi rasa capek tidak untuk si mbil. kepulangan saya saat itu saya pakai untuk mengenalnya lebih jauh, termasuk keluarganya. tidak hanya bandung, salatiga pun saya sambangi demi mengenal si papah dan si mamah. ia pun saya bawa ke keluarga inti di bogor. sebuah proses yang menantang dan menyenangkan buat kami berdua. maka, ketika pesawat terbang tiba di amsterdam pada sebuah subuh yang dingin, saya tersenyum kembali pada sebuah janji yang kami buat. janji yang membuat saya kembali memiliki tujuan untuk hidup saya kelak.

janji apa? ah rahasia. doakan saja kami bisa melaluinya ya.

add. :

o iya, saya juga memundurkan tanggal kepulangan karena harus hadir di pernikahan dua orang sahabat. alaya dan fanny *gile ya al.. ampe segitunya gue, haha*. selamat ya guys. mo liat kawinannya kaya apa? cek aja di blog alaya